Mengatasi windows booting error pada windows 7

Pernah windows booting error Windows 7? rrror 15? rrror 22? Mungkin error tersebut karena User menggunakan grub boot yang digunakan sebagai boot manager bagi yang menggunakan dual OS (Android dan OS yang lain seperti Windows). Ketika hardisk yg digunakan untuk booting OS Android di laptop anda hapus maka akan terjadi error booting dan Windows tidak bisa dimuat, hal ini karena boot manager yang digunakan adalah boot manager yang telah kita hapus bersamaan dengan Android OS yang telah kita hapus tadi. Maka berikut adalah langkah dan bahan untuk mengatasi error booting akibat aplikasi grub boot :



Bahan:
- File ISO Windows 7 baik dalam bentuk DVD atau Flashdisk
- Komputer/Laptop yg error booting

Langkah:
  1. Turn On PC atau laptop 
  2. Masuk BIOS (tekan F2 atau Del)
  3. Pilih boot device yg pertama, bisa boot melalui USB/DVD dan setelah itu di save setting-nya
  4. Pada layar akan muncul “press any key to boot from CD/DVD”, tekan Enter
  5. Setelah itu aka nada menu pada layar yaitu setting Language(bahasa) tekan Next
  6. Pada pojok kiri bawah terdapat menu “repair Windows” Klik menu tersebut
  7. Muncul menu recovery option, pilih Next
  8. Setelah itu muncul banyak menu, pilih menu Command Prompt
  9. Pada CMD ketik “C:” tanpa tanda kutip
  10. Setelah itu ketik “bootrec.exe/fixmbr”, tekan Enter
  11. Dan ketik lagi “bootrec.exe/fixboot”, tekan Enter 
  12. Setelah itu ketik “exit”, tekan Enter
  13. Restart Komputer anda   
  14. Finish 
Selamat mencoba, bagi yang belum berhasil silahkan komentari di posting ini mohon disertakan screenshot, thanks before :)

Regards,




Post a Comment

6 Comments

  1. makasih ya gan tutorialnya, sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Gan,punya ane dual boot, setelah itu ane hapus instalan pclinuxos di win 7. setelah itu ane ketiduran kan otomatis hibernate nah pas ane nyalain tombol buat masuk bios gak fungsi. itu cra memunculkan tmbol fungsi ke bios gmana gan? laptop ane lenovo g475
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk ga kak ke logo lenovonya? wah baru ketemu kasus begini, biasanya saya kalau pakai dual boot suka bermasalah gitu kak, dan langsung saya instal ulang (lagi) karena susah masuk ke dua os yang saya instal.

      Delete