Windows 10 Not Responding

Halo, sebelum masuk ke pembahasan, berikut adalah spesifikasi laptop saya:

Tipe : Asus X452EA
RAM : 4 GB
Hardisk : WD Blue 500GB
Pembelian : 2014

Deskripsi kejadian sebelum not responding lama (so long):


Saya memiliki 2 buah hardisk SATA 2,5", Hardisk pertama berkapasitas 500GB & hardisk kedua berkapasitas 1 TB (beli akhir 2017). Hardisk pertama ini sudah berumur hampir seusia dengan laptop saya yaitu dipakai sejak tahun 2014 akhir. 
Hardisk WD Blue 500gb (beli tahun 2014)

Hardisk WD BLue 1tb (beli tahun 2017 akhir)

Pemakaian pada hardisk pertama normal sampai muncul masalah ketika saya mengupgrade laptop saya dengan windows 10 64 bit. Tepat 2 minggu setelah saya menggunakan os windows 10 ini saya mengalami beberapa masalah diantaranya not responding pada setiap aplikasi yang saya gunakan dan terasa agak kurang smooth ketika melakukan multitasking, dan yang paling parah adalah muncul tampilan seperti dibawah ini ketika login:


Karena iseng saya tunggu aja ini windows booting, ternyata tampilan ini sering muncul dan juga not responding pada saat menggunakan laptop lebih sering frekuensinya jika dibandingkan dengan sebelum terkena masalah repairing drive pada windows 10. Kemudian saya langsung scan kesehatan  hardisk laptop menggunakan Hard Disk Sentinel , kemudian muncul lah persentase kesehatan hardisk saya, yaitu sekitar 52% sehat dari 100% nilai sempurna, duh bau baunya seperti harus kehilangan hardisk sepuh ini.  Setelah tau kalau hardisk pertama saya (yang 500gb) sudah sekarat, maka saya inisiatif untuk mengganti hardisk ini dengan yang kedua yaitu yang WD blue 1 TB. Setelah beres menggantinya kemudian saya langsung coba boot kembali windowsnya, dan voilaa, windows normal tanpa ada not responding yang berdurasi lama.

Ada beberapa tahap untuk memeriksa apakah penyebab PC atau laptop kita menjadi lemot atau hang, yaitu :
  1. Cek windows yang terinstal, jika setelah instal ulang atau ganti OS tetap merasakan lemot maka bisa dipastikan hardware ada yang bermasalah seperti Spesifikasi kurang mumpuni atau hardisk mengalami bad sector.
  2. Untuk memastikan apakah hardisk kita bad sector, kita dapat melakukan scan kesehatan hardisk laptop menggunakan Hard Disk Sentinel , jika kondisi kurang dari 70% harap segera backup data anda, karena lambat laun Hardisk yang terkena bad sector akan kehilangan perfomanya hari ke hari.
  3. Coba tukar dengan hardisk sejenis dan uji beberapa waktu untuk memastikan apakah benar hardisk yang bermasalah, jika benar hardisk maka silakan back up data menggunakan linux atau sebagainya sesegera mungkin.
Jadi, kesimpulannya adalah kita harus sering memantau kinerja laptop atau PC rutin, untuk menghindari data kita terancam hilang atau rusak, ingat laptop bisa beli baru, tapi data yang hilang akan lebih sulit dikembalikan (tergantung jenis dan parahnya kerusakan)

Silakan share, like dan komentar jika kalian menyukai posting ini :)

Regards,

Post a Comment

0 Comments