5 alasan kuliah di Rusia

5 alasan kuliah di rusia
5 alasan kuliah di Rusia

Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dari transisi kehidupan selain bekerja, berkeluarga, berperilaku hidup sehat serta bersosialisasi dengan sesama manusia. Sebelum gue (ga sengaja) memutuskan kuliah di Rusia tentu ada beberapa alasan kenapa gue tertarik melamar kuliah ke negara luas dan dingin ini. Selain pengen cari suasana baru (gerah sama Indonesia+bosen sama kamu) juga sekalian pengen ngerasain tinggal di negara 4 musim, secara gue udah ngerasain iklim tropis agak ekstrim di Palangka Raya, Indonesia.


Nah, mungkin Rusia bisa jadi alternatif tujuan untuk melanjutkan kuliah bagi yang bingung kemana harus melanjutkan kuliah atau pendidikan spesialis bagi yang membutuhkan. 5 alasan kenapa kuliah di Rusia sangat direkomendasikan versi Maruf Kusbianto :


1. Rusia punya banyak pilihan universitas


Kurang lebih 650 universitas didirikan di Rusia dengan 9.000.000 mahasiswa (maapin gue kalo salah yak, karena gue bukan lulusan statistika yang bisa mengolah data dengan baik dan benar, angka ini gue dapet dari google.com). Terdapat pula 300 jurusan untuk berbagai spesialisasi seperti bidang kesehatan termasuk kedokteran dan cabang kesehatan lainnya, teknik (seperti yang gue ambil yaitu Computer Science), bidang nuklir (secara men, kan Rusia terkenal dengan teknologi nuklirnya yang keren), ekonomi, dan humaniora. 


Sebagai salah satu negara alumni Uni Soviet, Rusia juga melengkapi fasilitas akademik yang bisa digunakan para mahasiswa untuk menunjang kegiatan belajar mengajar seperti laboratorium canggih dan pusat studi ilmiah. Selain fasilitas yang mumpuni Rusia juga menyiapkan tenaga pengajar atau dosen yang hampir 80 persen bergelar PhD dari berbagai disiplin ilmu.


2. Biaya Kuliah terjangkau

Pemerintah Rusia memberikan subsidi sebesar 80 persen bagi Mahasiswa Internasional yang belajar di Universitas Negeri Rusia. Perkiraan sekitar USD 2.500-4.000 pengeluaran mahasiswa internasional setiap tahunnya untuk biaya kuliah serta akomodasi. Biaya tersebut dikeluarkan setiap mahasiswa yang mengambil jalur mandiri atau beasiswa ayah ibu ya.


3. Belajar Bahasa Rusia


Salah satu bahasa yang unik untuk dipelajari adalah Bahasa Rusia. Selain berbeda dengan kaidah bahasa asing lainnya seperti bahasa Inggris, bahasa Rusia memiliki daya tarik sendiri karena di Rusia hampir seluruh Russian berbicara hanya dengan bahasa Rusia atau bahasa slavik lainnya yang gue rasa mirip-mirip sih. Jadi mau ga mau, suka ga suka, semua mahasiswa internasional yang belajar di Rusia harus bisa bahasa Rusia (kecuali Doi ambil kelas bahasa Inggris).


Keunikan bahasa Rusia juga udah pernah gue bahas sebelumnya di mari. Tentu semakin sering kita belajar dan latihan bahasa Rusia semakin lancar juga kita menggunakan bahasa tersebut.


4. Tempat belajar Cross Culture Understanding


Di kampus gue (Tambov State Technical University) mahasiswa internasional berasal dari berbagai macam negara men, mulai dari benua Afrika, negara-negara Arab (kalo gue sebutin mungkin hampir semua negara Arab mengirim mahasiswa untuk belajar di Rusia), Mongolia, Thailand, Filipina, China, Indonesia (termasuk gue), dan yang paling gokil berasal dari Australia (secara Australia kan sebenernya udah topcer kalo masalah pendidikan menurut gue).


Dari berbagai macam temen beda negara ini menurut gue adalah tempat yang tepat untuk belajar perbedaan budaya dan kultur dari setiap negaranya. Pihak kampus juga sering mengadakan festival budaya yang menampilkan keunikan budaya dan kultur dari berbagai negara setiap tahunnya. Karena perbedaan budaya dan kultur ini mungkin ada hal yang membuat kaget para mahasiswa baru kayak gue, dan udah pernah gue bahas tentang culture shock di sini, mulai dari perbedaan toilet yang ga ada keran aernya, sampai makan apa-apa pake roti mulu haha.


5. Tersedia beasiswa pendidikan bagi Mahasiswa Internasional


Poin terakhir ini yang membuat gue tergiur untuk daftar dan kuliah di Rusia. Beberapa negara seperti Indonesia ternyata memiliki kerjasama di bidang pendidikan dan memberikan keuntungan berupa beasiswa pendidikan gratis untuk masyarakat Indonesia. Tentu dengan syarat lulus seleksi beasiswa yang lumayan panjang dan lama. Sebelumnya gue pernah bahas tentang kuliah gratis di Rusia di mari, di situ juga gue ulas gimana caranya dari awal daftar sampai tiba di Rusia.


Oiya selain mendapatkan gratis pendidikan sampai lulus, mahasiswa penerima beasiswa juga mendapatkan uang tambahan atau stipend setiap bulannya (setiap mahasiswa berbeda tergantung kota tempat belajarnya di Rusia).


Mungkin sekian dulu 5 alasan gue kuliah di Rusia, semoga bisa jadi referensi lanjut mengenai serba-serbi kuliah di Rusia.



Terimakasih udah mau mampir dan baca sejenak tulisan gue, sampai jumpa di postingan berikutnya!

Regards,

Post a Comment

1 Comments

  1. Mantab masbroo
    Skrg udh di rusia kenapa kuliah ditambov

    ReplyDelete