Siapa gue? Maruf Kusbianto

Siapa gue?
siapa-gue-maruf-kusbianto
Tebak gue yang mana?

oke, sekarang kenalin nama gue Ma'ruf Kusbianto tapi kalo di paspor nama gue Maruf Kusbianto(ga boleh pake tanda petik kata mamang admin imigrasi waktu bikin paspor kemaren). Gue blasteran Jawa Timur (bukan madura) dan Pangkalan Bun, and I am an Indonesian. Siapa gue? gue anak pertama dari seorang ayah dan ibu. Gue punya adek 3, 2 cowok dan 1 cewek. Dulu(ampe sekarang juga iya tong) adalah mahasiswa introvert yang punya hobi kupu-kupu (kuliah pulang – kuliah pulang). Gaul pun jarang, karena itu temen pun bisa dihitung pake jari. But, semua berubah ketika gue mulai ikutan kegiatan yang mengharuskan gue berkomunikasi dan bersosialisasi sama manusia biar ga anti sosial haha. Mulai saat itu gue mulai separo nyaman ketika bersinggungan dengan sesama manusia, walau masih agak risih juga kalau lagi kumat introvert gue.

Masa SD-SMP-SMA gue bisa dibilang ga ada yang menarik, gue tetep wajib belajar 9 tahun plus 3 tahun belajar di SMK. 12 tahun gue belajar ya tetep gitu-gitu aja, gue pun coba kesempatan belajar di bangku kuliah, dan hasilnya? Gue ga keterima di kampus mana pun di tahun 2012.


Muka-muka lulusan STM hiyahiya

Lupa gue ini waktu kapan, pidato bahasa inggris pertama. Jangan ditanya, konyol pisan.
Yasir-Ali-Mami Nikita-Mr Sai-Latifah-Gue-Fuad

Foto pertama kali tumbuh rambut setelah ospek kuliah
Setelah ga keterima di mana-mana gue pun belajar ke kampung inggris selama 6 bulan, lama ya? Iya emang lama, gue emang ga bisa dan ga ngerti bahasa inggris makanya perlu waktu selama itu. Selama 6 bulan itu juga gue ketemu banyak orang dengan macem2 penampakan dan tabiat, dari yang model ustadz sampai anak badung. Banyak buku yang gue baca kala itu, di antaranya yaitu buku “7  keajaiban rezeki” (CMIIW). 

Kebiasaan gue kalo baca buku itu pasti ga pernah selesai kecuali baca novel menarik doang, tapi satu hal yang menarik dari buku ini gue disuruh nulis di halaman kosong tentang “what’s my future(s)”. Di kertas itu gue pun nulis dengan polosnya apa yang pengen gue dapet di masa yang akan datang. Mari gue jabarin satu persatu apa yang telah gue tulis di tahun itu and here is the things:
siapa-gue-maruf-kusbianto
here is the things
  1. Pertama banget yang gue pengen kala itu adalah “pengen keterima di kampus mana pun” (pasrah amat ya? Iya gue kala itu udah bodo amat mau kuliah di mana asalkan keterima aja haha). Di poin ini entah kenapa di tahun selanjutnya, gue ikut tes masuk kuliah gue pilih kampus ngasal tapi jurusan yang sesuai ama keinginan gue, dan akhirnya gue keterima kuliah di kampus yang jaraknya 15 menit dari rumah kalo naik motor. Mungkin karena tau gue bakal sulit masuk di kampus ternama di Indonesia, jadinya gue berpikir logis aja, untuk ambil pilihan yang paling banyak punya kesempatan besar untuk keterima sekalipun gue ga ngerti banget sama ujian masuk kampusnya haha.
  2. Hal kedua selanjutnya, gue entah kesambet apa tiba-tiba pengen nulis kalo setelah keterima kuliah gue pengen “dapet beasiswa apa aja” (ini juga pasrah yaa? Iyalah lu kalo beasiswa milih milih emang beasiswanya mau milih lu? Haha). Ternyata berburu beasiswa itu ga mudah ya, gue pun di awal kuliah bahkan ga dapet beasiswa apapun kecuali beasiswa dari bokap nyokap haha. Beberapa kendala ya karena gue mahasiswa yang bukan aktivis kampus, gue adalah mahasiswa kupu-kupu, tapi entah rejeki emang ga kemana, gue apply Beasiswa Djarum di 2015, dan gue keterima men, salah satu dari dua penerima asal Kalimantan Tengah di tahun itu, alhamdulillah. Dari beasiswa ini gue mulai belajar sosialisasi sama manusia dan semua hal yang menarik lainnya, mulai Nation Building, Character Building sampai Leadership Development.
  3. Hal ketiga, gue tulis “lulus di tahun 2017”, Alhamdulillahnya mimpi gue yang ini ga molor dan on time haha. Setelah gue mulai bisa kontrol ke-introvert-an gue dengan ikutan kegiatan social dan kegiatan lain yang bikin gue agak kelihatan sibuk sedikit, tapi syukurnya gue kelarin semua urusan perkuliahan pas 4 tahun dengan nilai yang ga bikin malu bokap nyokap lah, hehe.
  4. Keajaiban keempat, gue tulis “lanjut master dan lulus di tahun 2019”, nah bagian ini gue rasa akan sedikit molor, kenapa molor? Karena waktu gue bikin rencana ini gue kira ga akan jauh jauh dari Indonesia. Ternyata gue dapet kesempatan kuliah di Rusia. di poin ini gue pun kayaknya harus revisi lagi kertas masa depan gue, paling engga ya gue tambah durasi belajarnya jadi 3 tahun, jadinya lulus master tahun 2021.
Sekarang gue kuliah di Rusia, tepatnya di Tambov State Technical University. Entah kenapa gue jadi milih Rusia jadi tempat untuk belajar? Waktu itu gue ga sengaja dapat kesempatan untuk kuliah gratis di Rusia tahun 2018. Kok jauh banget lu kuliah di Rusia? Sempat juga gue bingung apakah sulit kuliah di Rusia? atau gimana nanti ibadah di sana? Masih banyak pertanyaan seputar Rusia yang bahkan gue coba google tapi belum nemu jawaban konkretnya.
siapa-gue-maruf-kusbianto
"Inget, terus berusaha plus banyakin mimpi.
You make your own future."
Dari gue yang sedang duduk di balkon kampus, 2019
Kita ini benda yang membusuk ketika sudah mati sama seperti benda lainnya, bedanya kita punya harapan, mimpi, keinginan, atau apalah kalian sebut itu. Tanpa itu kita semua hanya sebatas daging yang diselimuti kulit, lembek, lemah dan rapuh. 
"Stay as you are, no matter what. You are the best version of yours."
Terimakasih udah mau mampir dan baca sejenak tulisan gue, sampai jumpa di postingan berikutnya!

Regards,

Post a Comment

0 Comments