Quarter Life Crisis - Ente udah ngapain aja?

Selama gue hidup, baru kali ini ngerasain resah. Resah karena selama 25 tahun gue hidup masih banyak sekali yang belum kesampaian. 25 tahun juga berarti udah memasuki masa veteran remaja, menuju dewasa dan bukan anak-anak lagi. Kata orang sih, ini termasuk masanya quarter life crisis atau krisis seperempat hidup. Siap atau engga siap kita harus sadar pasti krisis ini bukan krisis kaleng-kaleng, udah harus mulai serius paling engga sama diri sendiri. 

Kalo bisa dilist mungkin di umur 25 tahun ini gue udah banyak ngelakuin apa aja dan dapet apa yang menurut gue menarik. Mulai dari menuntaskan wajib belajar 12 Tahun + 4 tahun kuliah life, ikut kegiatan yang asyik dan menarik walaupun masih jadi mahasiswa kupu-kupu sampai nyasar kuliah di Rusia. Well, menarik bukan? Tapi menurut salah satu thread di kaskus, idealnya kita udah bisa mencapai beberapa fase di bawah ini:

1. Sudah Mandiri secara Finansial?

Setelah lulus kuliah 2 tahun yang lalu, gue sempat kepikiran buat kerja dulu. Ya walaupun sebelum kerja pun kadang dapet duit dari kegiatan tapi tetep aja ga cukup buat ngopi saban malem cuy. Akhirnya setelah diskusi panjang dengan Orang Tua gue dapet saran untuk lanjut kuliah lagi, alhasil gue mengurungkan niat untuk bekerja dulu baru lanjut kuliah.

Syukurnya gue dapet kuliah di sini, jadi paling engga biaya kuliah gratis sampai lulus. Yaa walaupun Rusia dan Indonesia jaraknya bukan main jauhnya. Setelah beberapa bulan gue belajar di sini, akhirnya dapet tawaran dari temen untuk coba kerja jadi Teman Jalan turis dari Indonesia, karena cuman kerjaan ini yang ga harus pakai visa kerja. FYI, di Rusia mahasiswa asing yang mendapatkan beasiswa ga dapet visa kerja setau gue. 

Setelah pengalaman kerja itu, akhirnya gue bisa deh mulai nabung buat bayarin asrama, visa dan asuransi kesehatan yang wajib tiap tahunnya. Cuman bagi gue, kerjaan begitu adalah hiburan ketika libur atau kosong doang, karena percuma gue gencar cari duit tapi kuliah gue berantakan. Jadi, gue simpulkan gue sekarang masih belum bisa mandiri, karena masih perlu suntikan dana untuk living cost di sini. But, paling engga gue udah tau beberapa alternatif kerja sambilan yang bisa dijadiin sumber penghasilan tidak tetap. Kemungkinan kedepannya bakal coba model kerja lain, tentunya dengan pertimbangan fleksibilitas waktu yang menyesuaikan dengan jadwal kuliah.

2. Bisa mengelola Uang yang baik?

Pengelolaan keuangan yang baik itu sebenernya ga ada indikatornya. Ini bersifat fleksibel menyesuaikan individunya. Kalo menurut gue mengelola uang yang baik adalah di mana kita dapat menyesuaikan gaya hidup dengan penghasilan kita. Berapapun besaran penghasilan ga akan sia-sia kalau kita mampu mengelola dengan baik. 

Kalau gue pengeluaran lebih besar sebenernya di makan dan jajan sih. Karena gue dulu kuliah di Palangka Raya masih tinggal bareng orang tua otomatis uang jajan lumayan aman lah, paling kalo ada temen ajakin nongkrong baru bocor dah itu uang jajan, tapi engga setiap hari juga nongkrong. Setelah gue kuliah di sini mulai kepikiran untuk mengurangi pengeluaran tidak penting atau sesuai prioritas kebutuhan. Semua barang bisa kok lu beli kalo pengen, tapi apakah itu barang yang lu beli adalah barang yang dibutuhkan?

Misalkan kita bikin alokasi penggunaan dana 50% buat makan dan kebutuhan harian, 15% buat bayar langganan transportasi umum bulanan, 15% buat hiburan, 20% buat ditabung. Besaran alokasi itu kembali lagi ke individunya, sesuai tingkat prioritas kebutuhannya. Jenis investasi atau tabungan itu juga beragam, gue sejak tahun 2017 udah mulai belajar simpen dengan beli saham yaa walaupun masih tahap belajar yaa. Overall gue selama kuliah di sini merasa uang bulanan ga pernah kurang karena gue mulai menyesuaikan sama kebutuhan yang emang perlu dan apa yang bisa dibeli nanti.

3. Udah punya tabungan dan Dana Darurat?

Memang keadaan darurat itu ga ada yang bisa prediksi. Amit-amit kalau pas lagi darurat eh ga ada simpenan atau tabungan. Masalah darurat bukannya selesai tapi malah dapet stress atau capek kalo misalkan kita ga ada persiapan sebelumnya.

Gue sebenernya tiap bulan ga nentu dikasih berapa sama Orang Tua, mau minta sekian-sekian tapi malu juga karena udah gede ini. Jadi harus pinter nabung atau simpen uang. Nabung itu harusnya disisihkan di awal, bukan mengambil atau mengai sisa dana di akhir bulan lalu ditabung supaya dana darurat konsisten ditabung untuk dana tabungan atau darurat.

4. Gak Punya Banyak Utang

Yaa namanya hidup pasti kadang ada aja kebutuhan yang tak terdugakan ya? gue pun sering begitu. Atau kadang ketika kita memulai untuk usaha atau semacamnya pasti perlu biaya awal yang engga sedikit. Nah muncul alternatif yang lumayan membantu sebenernya, yap utang. utang kadang jadi angin segar bagi yang perlu modal untuk usaha dan lainnya. Tapi kadang ada juga jenis utang yang menyusahkan kayak utang kartu kredit, biasanya kelupaan kalo  banyak yang harus dibayar juga. Akhirnya utang pun overload, kebanyakan ngutang dan pasti bingung dong bayarnya gimana. Pusing ga tuh?

Utang sebenernya ga selalu menyusahkan selama kita selalu tepat waktu membayar dan tidak memiliki utang berlebih. Yang bahaya itu adalah besaran utang tidak sesuai dengan penghasilan cuy. Kalau udah begitu biasanya penghasilan mau sebesar apapun pasti cuman numpang lewat doang karena harus habis bayar utang. Jadi sebisa mungkin gue ga minjem utang untuk kebutuhan yang menurut gue masih bisa ditahan , kecuali urgent yaa. 

5. Sudah Punya Asuransi?

Kebetulan gue kuliah di sini dengan aturan dimana setiap mahasiswa asing harus punya asuransi kesehatan yang diperpanjang tiap satu tahun. Emang bahaya banget sih kalau hidup tanpa asuransi, amit-amit nih kalo lagi kena apes tiba-tiba kena musibah, entah itu sakit, cedera, kemalingan, kebakaran dan musibah yang tidak enak lainnya. Itulah pentingnya peran asuransi untuk mengantisipasi musibah yang tak terduga, paling engga kita punya polis asuransi yang bisa digunakan tanpa pusing memikirkan gimana-gimana pendanaan ketika musibah tersebut terjadi.

Asuransi juga banyak kok macemnya seperti asuransi kesehatan atau jiwa. Proteksi asuransi sangat berguna kalau kita mengalami musibah, tentu kita pengen semua hidup bebas atau minim musibah kan? Tapi pencegahan juga penting kok. Kalau di kampus gue asuransinya ga mahal, pertahun cuman 4800 rub atau sekitar 1 jutaan rupiah setiap tahunnya. Asuransi tersebut bisa digunakan kalau ada penyakit yang urgent dan harus ditangani serius ketika di tinggal di Rusia.

6. Sudah Punya pekerjaan tetap

Pekerjaan ini definisinya banyak sih, bisa dibilang sekarang gue masih belum punya pekerjaan tetap. Dari dulu status gue yaa pelajar dan mahasiswa sih terakhir. Jadi gue jadikan lah mahasiswa sebagai pekerjaan tetap gue sampai lulus kuliah nanti.

7. Punya Kendaraan Pribadi

Kalo kendaraan gue masih belum punya sekarang, karena di Rusia lebih mudah dan murah menggunakan transportasi umum. Bebas macet, 24 jam ada akses dan murah parah dibanding kalo harus naik kendaraan pribadi plus beli bensin terus menerus yang belum tentu efisien.

Jadi mungkin cukup 7 pencapaian gue di usia 25 tahun ini. Mungkin quarter life crisis bisa dibilang sebagai reset point atau titik awal, atau waktu dimana kita kembali ke awal. Kembali menata hidup sehingga lebih siap untuk hidup dan menghidupkan hidup dengan perencanaan dan eksekusi yang mantap.

Kalau kalian udah ngelakuin atau menghasilkan apa aja?

Regards,

Post a Comment

0 Comments