Berapa kali gagal?

selama hidup ini, udah tak hingga kegagalan yang kita rasain (mungkin). Gagal dalam KBBI adalah tidak berhasil; tidak tercapai (keinginan); atau tidak jadi. Manusia merupakan makhluk yang bisa dibilang selalu mencoba dan setiap kali percobaan berhasil pasti melalui (tak hingga) kegagalan. Mungkin rasionya 1:1000 (satu keberhasilan memerlukan 1000 kali percobaan yang pastinya belum tentu berhasil), persis kayak Edison ketika menemukan lampu pijar yang cocok untuk menerangi kandang ayam sekarang, perlu 1000 kali coba baru cocok. Tapi poinnya bukan membuat lampu pijar untuk kandang ayam kayak Edison, bahkan Edison aja perlu proses menuju titik lampu pijar yang sesuai.
berapa kali gagal?
sederhananya gini mungkin, berhasil = proses + gagal, di mana proses adalah kegiatan yang dilakukan berulang dan terus menerus sampai berhasil dan gagal adalah hasil dari proses tersebut. Oke mungkin gue terlalu muluk membahas formula keberhasilan dengan sesederhana ini, tapi itu menurut gue emang kalo kita gagal itu artinya seengganya kita udah mencoba, cuman kurang tepat atau benar aja prosesnya, dan perlu diulang sampai ke tujuan yang kita ingin, sukses lebih tepatnya.

Mungkin cerita Edison tadi salah satu cerita terkenal mengenai keberhasilan, sangat terkenal. Ada banyak lagi cerita keberhasilan yang tentu diiringi dengan kegagalan berkali-kali. Jarang sih yang sekali coba atau one-shot langsung berhasil, keren sih kalo kejadian begini mah. It is normal, kalau misalnya kita engga lulus SBMPTN atau gagal untuk naikin/nurunin berat badan atau bahkan engga masuk fakultas favorit yang walaupun engga gue sebutin kalian taulah mimpi anak muda dan orang tua di Indonesia adalah apa?

Penjelasan paling rasional mungkin begini nih, kita engga akan tau rasanya berhasil atau sukses kalau belum pernah tau rasanya jatuh atau gagal, bener ga tuh?

Bahkan Adam pun gagal dan melanggar aturan ketika udah dikasih hidup nyaman di surga, seketika direlokasi ke bumi yang entah enak atau engga itu tergantung perspektif beliau sebagai manusia pertama yang menginjakan kaki di bumi. Kayaknya udah jadi fitrah manusia untuk berproses dan gagal (mungkin). Ya, kita dikasih opsi satu, cuman untuk berproses dan terus berproses. 

Makin ke sini gue makin sadar, kalau proses dilewati atau kita skip berdampak ke proses selanjutnya, kayak kurang mateng, kurang siap untuk naik level. Bagi kalian yang pernah main game console, kalo main murni tanpa cheat tentu bakalan puas kalo udah kelar, beda rasanya kalo main harvestmoon tapi pake cheat, kayak mudah banget yaa atau ada beberapa game event yang kelewat karena saking mudahnya. Nah main game aja perlu proses biar berasa perjuangannya.

Intinya gapapa ente-ente merasa saat ini gagal, atau saat ini kurang paham atau bahkan totally failed at all, aslinya emang manusia berproses dan gagal. kalau engga kuat maraton, coba lari santai.

Gapapa susah asal engga nyusahin orang lain. 
Gapapa gagal asal engga mengulangi kesalahan yang sama dua atau tiga kali apalagi empat kali.
Gapapa gagal selama kita belajar dan terus belajar dan banyak mendengar.

Jadi kalian udah berapa kali gagal?

Regards,

Post a Comment

0 Comments