Terimakasih Bapak Ibu Guru, kami udah di Rusia sekarang.

Well, mungkin agak klikbait banget sih ini judul, terimakasih bapak ibu guru, kami udah di Rusia sekarang. Gue pengen nulis aja dan berterimakasih kepada mereka. Tanpa mereka mungkin gue sekarang jadi upik abu, ampas jalanan, debu trotoar atau bahkan tai kotok yang kering keronta tanpa pernah dipelihara majikannya.

Jauh sebelum gue menginjak tanah Rusia (duhileh, karet sempak bisa aje kalo ngomong) mungkin berkat mereka semua (guru-guru gue) akhirnya gue bisa melewati challenge dari pemerintah yaitu wajib belajar 9 atau 12 tahun gue lupa. Gue akui dari awal gue emang kayak telat ngerti atau bisa dibilang susah paham lah apa yang seharusnya dipahami setiap murid di kelas.

Bahkan paling parahnya waktu gue SMA/SMK ga ngerti sama sekali kegunaan sin cos tan, wait gue bukan menyalahkan para guru karena emang pada dasarnya gue aja yang rada telat ngerti materi kompleks yang sebenernya mudah kalau dari awal atau dasarnya kita pelajari serius. Ketidakseriusan ini berawal mungkin ketika gue kenal racun dunia yang tidak memabukan apalagi mematikan yakni game elektronik, ya gue sejak kelas 6 SD (kalo gasalah) udah ngerti main permainan tersebut, mulai dari game flash (yang isinya permainan konyol mobil mobilan yang dikontrol pakai keyboard doang) sampai game online receh kayak counter strike yang biasanya gue mainin di laptop atau warnet kala itu.

Segala macam game udah gue pernah cobain mungkin kali ya, tapi engga semua jenis yang seru gue coba karena laptop gue kentang jadi setiap game yang rame musti mainin di warnet dan itu harus ngumpet sembunyi-sembunyi karena engga dibolehin sama emak gue (haha tai emang ketahuan kan tukang kabur dari rumah demi main warnet). Kecanduan game itulah yang membuat gue sedikit susah fokus sekolah, sampai waktu Ujian Nasional matematika gue bingung kok bisa dapet nilai 7,xx gitu padahal gue ga ngerti pisan sama soal yang ada saat itu, Tuhan emang baik, yaaaa walau engga keliatan.

Emang kayaknya gue ga ada masalah sih sama guru-guru gue, malah sepertinya gue yang jadi masalah buat mereka, secara gue lemot untuk ngerti pelajaran hiyahiya. Tapi beberapa ada yang mimpinya ditentang oleh guru mereka, yaa mungkin engga semua guru loh begitu tapi mungkin kalo gue ditentang begitu yaa gue bakal kesel juga sih kayaknya. Contohnya kayak tweet di bawah ini:
Terimakasih bapak ibu guru
Yaa engga salah sih, mungkin gurunya punya saran lain yang lebih rasional untuk muridnya (menurut mereka kayaknya sih rasional). Padahal lebih engga rasional kalo kita pakai perspektif kita untuk menilai objek lain.

Jangan pernah samain perut ente dengan perut orang lain, belum tentu porsi orang lain sama dengan porsi ente loh yaa.

Menurut gue, semua komentar dan masukan itu bagus kalo dicerna baik-baik. Tapi adakalanya kita bereaksi terhadap hal-hal tersebut, reaksinya bisa jadi kita lebih sadar diri, atau menjadi lebih baik lagi, atau malah depresi yang terakumulasi bertahun-tahun daannn tidak terungkap. Ada yang reaktif ada yang biasa aja, semua tergantung sensitifas.

Kembali lagi semua manusia engga ada yang bisa membahagiakan semua orang di dunia ini, pun termasuk guru-guru yang (mungkin) engga sengaja menentang mimpi-mimpi muridnya.

Nobody is perfect, dude.

Terimakasih Bapak Ibu guru sekalian, baik yang mendukung atau menentang mimpi-mimpi kami. Tanpa kalian kami tidak akan pernah menjadi nyata sekarang :))

Regards,

Post a Comment

0 Comments