Sayonara Fakultas Persiapan Rusia

Sayonara Fakultas Persiapan Rusia
Sayonara Fakultas Persiapan Rusia
Halo kembali lagi dengan Maruf. Masih dalam suasana lebaran 1440 H, mungkin saatnya bilang sayonara Fakultas Persiapan Rusia karena kebetulan lebaran ditetapkan di bulan yang sama dan beriringan dengan jadwal ujian akhir fakultas persiapan bahasa di Rusia (di kampus gue). 

Selama kurang lebih 7 bulan gue belajar di fakultas persiapan bahasa -kami menyebutnya Podfak- di Rusia, beberapa mata kuliah yang gue dapet dari awal hingga akhir antara lain: Bahasa Rusia (yaiyalah, ini yang kudu harus ngerti), Fisika, Kimia, Matematika, Informatika dan Teknik Gambar Dasar. Entah kenapa gue yang aslinya ambil jurusan Informatika malah dapet rejeki( atau sebut saja cobaan) mata kuliah yang lumayan menarik (boong banget duhileh) seperti Kimia(yang dari dulu gue ga ngerti ini makanan jenis apa dan harus dimulai dari mana gue mengerti beliau), Fisika (ini sumpah gue lupa pisan fisika dasar, malah disuruh mengerti beginian). Yang paling absurd adalah anak Informatika disuruh belajar Teknik Gambar Dasar, ini kumaha? apa gue harus bisa menggambar flowchart algoritma dengan simetris? atau gimana?

Tapi terlepas dari ke-absurd-an Podfak ini, gue ambil positifnya aja (walaupun yaaa gue bingung seberapa banyak hal positif yang bisa gue ambil). Ga ada satu hari pun Dosen gue jelasin materi di kelas dengan bahasa Inggris atau bahasa yang mudah dimengerti oleh gue, atau lebih tepatnya di mana semua pelajaran emang diajarin dalam bahasa Rusia penuh. Penuh kepusingan, penuh ke-tidak-mengerti-an, penuh pertanyaan yang selalu konsisten gue pikir ketika masuk di setiap kelas yakni, "Ini dosen ngoceh naon?".


Selain positif tersebut, gue baru kepikiran kalo bahwa beberapa materi tersebut di akhir-akhir waktu Podfak, gue emang agak lama mencerna semua hal itu. Di kelas gue sampe pura-pura ngerti aja setiap ditanyain Dosen apakah mengerti atau engga. Aslinya mah mikir keras, apalagi tuh ya kalo lagi kelas matematika, Dosen suka jelasin seakan gue paham tuh apa yang dia tulis di papan tulis. Pas kena apesnya tuh gue disuruh maju kerjain pertidaksamaan linier, deg mampus deh. Gue bilang aja ga ngerti sambil dengan songongnya maju kedepan dengan penuh pede plus modal banyak tanya ke beliau.
The way I learned yesterday
Ini Dosen Matematika jelasin tahapan materi apa gitu aing lupa, like this.

The way I learned yesterday
Dosen Fisika jelasin materi, dengan bahasa Rusia tentunya.

The way I learned yesterday
Kalo ujian kadang pake komputer men, modern enough lah.

Oiya materi di kelas juga macem-macem sih, setiap masuk kelas Dosen selalu ajarin kita hal-hal kecil persis kayak kelas sekolah dasar. Dari mulai kata-kata umum yang dipakai untung ngobrol sehari-hari, istilah-istilah dan cara membaca formula di Matematika, Fisika dan Kimia, istilah penting di dasar Informatika, cara menggambar titik, garis, garis bersinggungan, bangun 2 dimensi dan sebagainya. 

Yang paling penting adalah gue paling engga ngerti cara baca susu dalam bahasa Rusia молоко(re:malako).

Sistem ujian di Podfak (gue cuman bahas sebatas podfak doang, karena gue belum pernah cicipin rasanya masuk kelas sesuai dengan jurusan gue, coming soon gue bagikan ceritanya setelah gue rasain bangku master di Rusia) ada beberapa aspek penilaian sama seperti di Indonesia, aspek penilaian tersebut yakni:

  • Nilai harian, nilai ini biasanya diambil dari kehadiran dan seberapa rajin dan betulnya kita ngerjain tugas harian di kelas. Selain mengerjakan tugas dan hadir di kelas, beberapa mata kuliah yang gue ambil mewajibkan mahasiswa untuk menyetor hapalan teks Rusia tentang tema-tema penting di setiap bab pelajarannya. Setoran tersebut lebih tepatnya ringkasan atau intisari dan kita ceritakan kembali tanpa membaca buku lagi, namanya adalah рассказ (re: raskaz)
  • Зачёт, nilai ini mirip dengan ujian tengah semester, jadi ketika kita udah kelar materi di buku pelajaran (biasanya di pertengahan semester) maka nanti akan ada ujian yang bisa dibilang mini ujian, bisa jadi ujian tertulis atau lisan seperti tanya jawab.
  • Экзамен, nilai ujian ini (re:ekzamen) adalah nilai yang diambil dari ujian akhir setiap mata kuliah, ujian ini bersifat wajib dan menentukan nilai akhir kita. Beberapa mata kuliah yang gue ambil kayak Fisika jenis ujiannya cuman dikasih 2 pertanyaan acak, kemudian kita disuruh jawab secara lisan. Ada juga yang jenis ujiannya menggunakan komputer dan mahasiswa akan diberi waktu 60 menit untuk menjawab pertanyaan yang tersedia di aplikasinya.
Berikut gue kasih gambaran soal-soal dan model ujian dalam bahasa Rusia yang beberapa gue abadikan lewat foto, yuk dicek di bawah:

Model Ujian Bahasa Rusia 1
Model Ujian Bahasa Rusia 1

Model Ujian Bahasa Rusia 2
Model Ujian Bahasa Rusia 2

Model Ujian Kimia 1
Model Ujian Kimia 1

Model Ujian Kimia 2
Model Ujian Kimia 2

Soal Olimpiade Matematika
Soal Olimpiade Matematika

Soal Olimpiade Informatika dan Kimia
Soal Olimpiade Informatika dan Kimia

Contoh Ujian Matematika dalam Bahasa Rusia 1
Contoh Ujian Matematika dalam Bahasa Rusia 1

Contoh Ujian Matematika dalam Bahasa Rusia 2
Contoh Ujian Matematika dalam Bahasa Rusia 2

 Kisi-Kisi Ujian Akhir Podfak Informatika
Kisi-Kisi Ujian Akhir Podfak Informatika

Kisi-Kisi Ujian Akhir Podfak Matematika
Kisi-Kisi Ujian Akhir Podfak Matematika
Gimana? mirip-mirip soal waktu SMA dulu sih, cuman ya bedanya ditulis dalam bahasa Rusia.

Mungkin itu 3 jenis aspek penilaian penentu kelulusan di Podfak, pada umumnya mahasiswa harus mengikuti semua rangkaian aspek tersebut tanpa terkecuali. Namun ada juga yang tidak mengikuti ujian akhir, hal ini karena mahasiswa tersebut memiliki nilai lebih seperti selalu aktif di kelas, mengikuti lomba antar mahasiswa dan selalu hadir di kelas (ini disebut автомат - re:avtomat).

Setelah dinyatakan lulus dari Fakultas Persiapan maka mahasiswa siap untuk memasuki kelas sesuai dengan jurusan masing-masing, biasanya akan dicampur dengan mahasiswa Rusia dan mahasiswa asing lainnya. Oiya penilaian di Rusia menggunakan skala 1-5, 5 merupakan nilai sempurna, paling bagus, topcer. Nilai minimal untuk lulus adalah nilai 3, kurang dari itu maka mahasiswa dinyatakan tidak lulus atau harus mengulang ujian kembali.

Mungkin sekian dulu akhir Fakultas Persiapan di Rusia berdasarkan pengalaman gue, terimakasih udah membaca postingan ini dan sampai jumpa di postingan gue selanjutnya!

Regards,



Post a Comment

0 Comments